Pasca HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kota Bandung Melaksanakan Aksi Bela Agama dan Negara

0
88

Bandung, kordinat.net – Tidak dipungkiri bahwasanya perayaan HUT RI tidak hanya dapat dilakukan dengan berbagai lomba dilapangan terbuka. Momen tersebut dapat dirayakan dengan berbagai cara seperti yang dimotori oleh Pondok Pesantren Syifaaush Shuduur bersama Bidang Jaringan Pesantren GP Ansor Kota Bandung. Acara yang diselenggarakan tepatnya di Kelurahan Cibaduyut Kidul Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung ini berjudul Dialog Islam dan Kebangsaan yaitu pada pukul 15.30 WIB Hari Minggu (20/08/2017).

Dialog tersebut menuai banyaknya antusias para peserta yang hadir karena narasumber yang menyampaikan materipun mempunyai pemahaman dan pengalaman yang sangat baik terhadap tema kegiatan yang dilaksanakan. Narasumber yang hadir yaitu Dr. Wahyu Iryana, M.Hum (akademisi sejarah UIN SGD Bandung), Ayik Heriansyah (mantan Ketua DPP HTI Bangka Belitung), KH. Ahmad Dasuki (PWNU Jawa Barat) dan Nasrulloh Jamaludin, MA (Ketua Bidang Jaringan Pesantren GP Ansor Kota Bandung).

Dialog yang bertemakan “Peneguhan Ajaran Ukhuwah Islamiyah dikalangan Ulama dan Santri” ini terselenggara dengan baik atas dukungan berbagai tokoh masyarakat.

Adapun harapan Ujang Miftahudin, M.Pd sebagai ketua pelaksana dialog singkronisasi antara keislaman serta nasionalisme ini tidak lain supaya masyarakat lebih memahami ideologi bangsa dalam situasi negara dewasa ini.

“Harapan saya atas terselenggaranya kegiatan ini agar masyarakat lebih memahami ideologi bangsa sehingga dapat membendung paham radikalisme yang dibalut dengan ke-Islaman tidak gampang dicerna begitu saja, bahwa dasar negara tidak perlu lagi dibenturkan dengan konsep agama secara tekstual, karena membutuhkan pendalaman yang khusus untuk memahaminya. Selebihnya menyadarkan bahwa organisasi Islam radikal itu hanya sebatas politik semata dalam aksi-aksi keagamaannya,” jelas Ujang Miftahudin, M.Pd seusai kegiatan, minggu (20/08/2017).
_wf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here